RPP Matematika

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika atau RPP Matematika adalah sebuah rencana yang dibuat oleh guru matematika yang diturunkan dari Silabus untuk mencapai kompetensi yang diinginkan dengan menentukan indikator kompetensi matematika. RPP Matematika ini bisa dibuat per standar kompetensi ataupun dibuat per pertemuan. Secara umum RPP Terdiri dari beberapa bagian diantaranya:

RPP Matematika

1. Identitas
Sekolah
Mata Pelajaran
Kelas/Semester
Tahun Pelajaran
Materi Pokok
Waktu

2. Isi RPP
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode Pembelajaran
F. Media Pembelajaran
G. Sumber Belajar
H. Kegiatan Pembelajaran
I. Penilaian

3. Lampiran
(lampiran ini berisi materi pembelajaran)

Berikut contoh RPP Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah : ……………….
Mata Pelajaran : Matematika Wajib
Kelas/Semester : X/ Genap
Tahun Pelajaran : 2017 / 2018
Materi Pokok : Fungsi
Alokasi Waktu : 5 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45Menit

A. Kompetensi Inti
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
3.5. Menjelaskan dan menentukan fungsi (terutama fungsi linear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional) secara formal yang meliputi notasi, daerah asal, daerah hasil, dan ekspresi simbolik, serta sketsa grafiknya
4.5. Menganalisa karakteristik masing – masing grafik (titik potong dengan sumbu, titik puncak, asimtot) dan perubahan grafik fungsinya akibat transformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb

3.5.1. Mendefinisikan pengertian produk cartesius
3.5.2. Mendeskripsikan relasi
3.5.3. Mendeskripsikan domain
3.5.4. Mendeskripsikan kodomain
3.5.5. Mendeskripsikan rnge
3.5.6. Mendeskripsikan fungsi atau pemetaan
3.5.7. Mengeksplore tentang komposisi fungsi
3.5.8. Mengasosiasikan sifat komposisi fungsi

4.5.1. Menyajikan relasi dengan diagram panah
4.5.2. Menyajikan relasi dengan himpunan pasangan berurutan
4.5.3. Menyajikan relasi dengan diagram pada bidang cartesius
4.5.4. Menyajikan fungsi dalam grafik fungsi
4.5.5. Menyajikan fungsi dalam daerah hasil fungsi

C. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan belajar mengajar selesai, peserta didik dapat :
1. Menghayati dan mengamalkan materi Fungsi sebagai bentuk penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2. Menguasai materi Fungsi dengan  menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung-jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan  rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian materi Fungsi yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari materi Fungsiyang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

D. Materi Pembelajaran
Materi Pokok
Fungsi
– Relasi dan Fungsi
– Fungsi Linear
– Fungsi Kuadrat
– Fungsi Rasional
– Fungsi Invers

E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah)/projek

F. Media Pembelajaran
Media/Alat: 
Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Lembar penilaian
Penggaris, spidol, papan tulis
Laptop & infocus
Audio: kaset dan CD.
Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Visual gerak: film bisu.
Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Komputer.
Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.

Bahan :
Spidol / kapur berwarna

G. Sumber Belajar
Buku penunjang kurikulum 2013 mata  pelajaran Matematika WajibKelas X Kemendikbud, tahun 2013
Pengalaman peserta didik dan guru
Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.

H. Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan
Orientasi
• Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
• Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
• Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Apersepsi
• Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yaitu : Sistem pertidaksamaan dua variabel (linear-kuadrat dan kuadrat-kuadrat)
• Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. 
• Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. 
Motivasi
• Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
• Apabila materi tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang materi relasi
• Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
• Mengajukan pertanyaan. 

Pemberian Acuan
• Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
• Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
• Pembagian kelompok belajar
• Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topikmateri  relasi dengan cara : 
• Melihat (tanpa atau dengan alat) 
Menayangkan gambar/foto tentang materi relasi
“Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?”
• Mengamati
lembar kerja materi relasi 
pemberian contoh-contoh materi relasi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb
• Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung), 
membaca materi relasi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan
• Mendengar, pemberian materi relasi oleh guru
• Menyimak, penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai materi  
Pengertian Produk Cartesius

Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
 
• Menulis
Menulis resume dari hasil melihat, mengamati, membaca, mendengar, dan menyimak sebagai penguatan literasi.

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
• Mengajukan pertanyaan tentang materi 
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya:
Apa yang dimaksud dengan relasi?
Terdiri dari apakah relasi  tersebut?
Seperti apakah relasi tersebut?
Bagaimana relasi itu diterapkan?
Apa fungsi relasi? 
Bagaimanakah materi relasi itu berperan dalam kehidupan sehari-haridan karir masa depan peserta didik?

KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
• Mengamati obyek/kejadian, 
mengamati dengan seksama materi relasi yang yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya
• Membaca sumber lain selain buku teks, 
mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi relasi yang sedang dipelajari
• Aktivitas
menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum dapat dipahami dari kegiatan mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi relasi yang sedang dipelajari
• Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi relasi yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk:
• Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi relasi
• Mengumpulkan informasi
mencatat semua informasi tentang materi relasi yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar
• Mempresentasikan ulang 
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresen-tasikan materi  relasi sesuai dengan pemahamannya
• Saling tukar informasi tentang  materi  
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat. 

COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
• Berdiskusi tentang data  dari materi 
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya. 
• Mengolah informasi dari materi relasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
• Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi relasi 

CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
• Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan tentang materi : 
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.

COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
• Menyampaikan hasil diskusi  tentang materi relasi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
• Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : 
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
• Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi relasi dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
• Bertanya atas presentasi tentang materi relasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya. 

CREATIVITY (KREATIVITAS)
• Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang  
Pengertian Produk Cartesius
Relasi
– Domain
– Kodomain
– Range 
Menyatakan Relasi
– Diagram Panah
– Himpunan Pasangan Berurutan
– Diagram pada Bidang Cartesium
• Menjawab pertanyaan tentang relasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan. 
• Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi relasi yang akan selesai dipelajari
• Menyelesaikan  uji kompetensi untuk materi  relasi yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran 
Catatan :
Selama pembelajaran relasi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
• Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran relasi yang baru dilakukan.
• Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran relasi yang baru diselesaikan.
• Mengagendakan materi atau tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
• Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaranrelasi.
• Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran relasi
• Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran relasi kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik

I. Penilaian
1. Sikap
a. Observasi
b. Diri
c. Teman Sebaya
d. Jurnal
2. Pengetahuan
a. Tes Tertulis Pilihan Ganda dan atau Uraian
b. Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
c. Penugasan
Tugas Rumah
– Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
– Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
– Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian
3. Keterampilan
a. Unjuk Kerja
b. Proyek
c. Produk
d. Portofolio

TTD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *